Home » Sepuluh Nama Kucing Paling Populer di Rusia

Sepuluh Nama Kucing Paling Populer di Rusia

by Indienesia
Published: Last Updated on


Russia Beyond (CSA Images, Nina Goldenberg/EyeEm, Massimiliano Clari/EyeEm/Getty Images; Legion Media)

Orang Rusia adalah salah satu pencinta kucing terbesar di dunia. Lantas, apa saja nama paling populer yang orang Rusia berikan untuk hewan peliharaan kesayangannya dan apa maknanya?

Di Rusia, jumlah kucing melebihi anjing dan separuh pemilik kucing menganggap hewan peliharaannya sebagai bagian dari keluarga.

Lebih dari separuh kucing Rusia adalah ras liar atau campuran dan, di antara ras kucing ras yang paling populer adalah Inggris (11%), Skotlandia (8%), Maine Coon (3%), dan Siberia (3%). Selain itu, kucing-kucing peliharaan di Rusia pun sering dinamai dengan nama-nama manusia, tergantung jenis kelaminnya: betina atau jantan.

Anda juga sering mendengar orang Rusia memanggil kucing-kucing di jalan “Murka”, seperti “Meong” atau “Pus” bagi kucing di Indonesia. Nama “Murka” itu sendiri berasal kata kerja мурлыкать (murlykat) yang berarti ‘mendengkur’. Berikut ini adalah sepuluh nama paling populer berdasarkan survei.

1. Marusya

Nama ini dan variasi sejenis lainnya berasal dari nama Maria — “Marusya”, “Masha”, “Mashka”, atau “Masyanya”. Ini semua adalah nama perempuan. Namun, itu juga nama paling umum untuk kucing di Rusia. Dari “Marusya”, orang-orang juga sering memberikan dan mengasosiasikan nama “Musya” dan “Masya” secara eksklusif dengan nama kucing.

2. Vasily atau Vasilisa

Berasal dari nama manusia (Vasily), “Vasya” atau “Vaska” adalah nama teratas untuk kucing nonras di Rusia. Nama ini umumnya dikaitkan dengan sesuatu yang sederhana, dapat dimengerti, dan sangat Rusia. Namun, sebaliknya, bentuk feminin dari nama tersebut, “Vasilisa”, lebih sering diberikan kepada kucing yang berasal dari “golongan bangsawan” atau setidaknya dengan karakter “raja”, seperti Maine Coon.

Baca Juga:   Berapa Lama Waktu Tempuh Antara Moskow dan Sankt Peterburg dari Masa ke Masa?

3. Bagira

Ini mungkin nama kucing paling populer di Rusia yang diambil dari karya sastra. Bagira (atau Bagheera) adalah nama macan kumbang dari The Jungle Book karangan Rudyard Kipling yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia pada 1905. Karena itulah, orang Rusia sering menamai kucing hitamnya Bagira.

4. Barsik

Rusia adalah rumah bagi kucing-kucing liar yang eksotis, seperti macan tutul salju, yang disebut irbis atau bar oleh beberapa orang. Macan tutul salju memiliki ekornya yang panjang yang berfungsi sebagai “roda” saat bermanuver di pegunungan (baca selengkapnya di sini). Dari sinilah nama “Barsik”, nama panggilan maskulin untuk kucing rumahan, berasal. “Barsik” berarti ‘bar kecil’.

5. Dymok atau Dymka

Kucing jantan abu-abu di Rusia sering disebut “Dymok” yang berarti ‘berasap’. Versi betina nama ini adalah “Dymka”.

6. Ryzhik

Tak heran, kucing oranye sering disebut “Ryzhik” yang berarti ‘berbulu (warna) jahe’.

7. Kuzya

Nama kucing jantan “Kuzya” berasal dari nama Rusia kuno (dengan akar bahasa Yunani) “Kuzma” yang berarti ‘alam semesta; dunia’. Di Rusia, ada dongeng yang sangat populer tentang domovoy (hantu penunggu rumah) bernama Kuzya. Dia diyakini sebagai arwah penjaga kenyamanan rumah tangga.

8. Alisa

“Alisa” (versi Rusia nama “Alice”) adalah nama untuk beberapa kucing ras betina di Rusia. Nama ini menjadi populer di Rusia tak hanya berkat Alice in Wonderland karya Lewis Carroll, tetapi juga sebagai tokoh utama dalam cerita-cerita penulis fiksi ilmiah Kir Bulychev, serta Alice the Fox dari kisah Buratino karya Alexei Tolstoy. Dalam beberapa tahun terakhir, nama itu juga menjadi populer di kalangan anak-anak.

Baca Juga:   Apa Saja Kebiasaan Aneh di Rusia Kuno?

9. Snezhok atau Snezhinka

Jika Anda melihat kucing putih di Rusia, kemungkinan besar namanya adalah “Snezhok” (atau “Snezhinka” jika kucing betina). Keduanya berarti ‘kepingan salju’.

10. Semyon

“Semyon”, atau “Syoma”, adalah nama kucing jantan yang populer. Di Kota Murmansk bahkan terdapat monumen Semyon si Kucing yang disamakan dengan Hachiko. Pada 1994, media setempat menulis tentang kucing yang dibawa oleh penduduk setempat tersebut untuk berlibur ke Moskow dan secara tidak sengaja kehilangannya. Bagaimanapun, Semyon secara ajaib berhasil mencapai rumahnya di Murmansk yang terpaut 2.000 kilometer dengan berjalan kaki enam tahun kemudian!

Bisakah Anda membayangkan kucing gemuk berbulu lebat seberat 12,5 kilogram duduk nyaman di atas dada Anda? Bacalah selengkapnya!

Pembaca yang budiman,

Situs web dan akun media sosial kami terancam dibatasi atau diblokir lantaran perkembangan situasi saat ini. Karena itu, untuk mengikuti konten terbaru kami, lakukanlah langkah-langkah berikut:

  • ikutilah saluran Telegram kami;
  • berlanggananlah pada newsletter mingguan kami; dan
  • aktifkan push notifications pada situs web kami.

Ketika mengambil atau mengutip segala materi dari Russia Beyond, mohon masukkan tautan ke artikel asli.





Source link

Lainnya Dari Indienesia

Copyright © 2023 Indienesia. All Rights Reserved.

close