Home » Pentingnya Menangkal Hoaks Untuk Wujudkan Pemilu Damai

Pentingnya Menangkal Hoaks Untuk Wujudkan Pemilu Damai

Oleh Indienesiana

Indienesia – Acara webinar bertema “Tangkal Hoaks Untuk Pemilu Damai” diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Ngobras Literasi Digital. Acara ini terselenggara hasil kerjasama Komisi I DPR RI dengan Kementerian Kominfo Republik Indonesia pada Jum’at (02/02/2024).

Webinar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan strategi dalam menghadapi penyebaran hoaks menjelang Pemilu ini fokus pada menjaga suasana Pemilu agar tetap damai dan terhindar dari pengaruh negatif informasi palsu. Webinar juga menghadirkan beberapa narasumber.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Ahmad Syaikhu (Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera) Widodo Muktiyo (Pakar Kehumasan, Guru Besar UNS), dan Kurnia P. Wijaya (Founder Komunitas Internet Cerdas, Dosen DKV Unindra Jakarta).

Kegiatan secara daring (online) ini juga melibatkan partisipasi publik. Hasil kerja sama antara Komisi I DPR RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia juga melakukan edukasi publik di berbagai segmen sosial.

Dengan peserta webinar terdiri dari berbagai kalangan, termasuk anggota masyarakat umum, pemangku kepentingan terkait Pemilu, dan mahasiswa.

Acara yang dibuka oleh perwakilan dari Komisi I DPR RI dan Kementerian Kominfo RI berkesimpulan terhadap aspirasi dan harapan untuk menciptakan Pemilu yang bersih dari hoaks.

Ahmad Syaikhu menyampaikan pesan-pesan penting tentang bahaya hoaks, cara mengidentifikasi informasi palsu, serta langkah-langkah konkret untuk memerangi hoaks di Pemilu.

Anggota Komisi I FPKS ini juga memberikan perspektif sebagai legislator terkait regulasi penyebaran informasi di media sosial.

Sedangkan Widodo Muktiyo sebagai akademisi menyoroti wawasan kehumasan. Adapun Kurnia P. Wijaya sebagai praktisi komunikasi berbagi pengalaman dari sudut pandang komunitas online.

Acara diselenggarakan sebagai respons terhadap meningkatnya penyebaran hoaks yang dapat memengaruhi suasana Pemilu, webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai pentingnya menangkal hoaks demi terciptanya Pemilu yang damai dan bersih dari informasi palsu.

Baca Juga:   BKSDA Sweeper Team Evacuates Hikers from Erupting Mount Marapi

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close