Home » Media Asing Soroti Dugaan Campur Tangan Jokowi dalam Pemilu 2024

Media Asing Soroti Dugaan Campur Tangan Jokowi dalam Pemilu 2024

Oleh Indienesia


Media asing seperti The Economist, The Guardian, dan CNN menyoroti campur tangan Presiden Jokowi atau Jokowi dalam mendukung capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

The Guardian melaporkan tentang Presiden Jokowi yang menghadapi kritik atas dugaan campur tangan dalam Pemilu 2024. Lebih dari 200 juta orang akan memilih dalam Pemilu 2024 secara serentak besok (14/2).

Media yang berbasis di Inggris itu menyebutkan elektabilitas Prabowo unggul ketimbang Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

“Para kritikus mengatakan tim kampanye Prabowo mengambil keuntungan secara tidak adil dari sumber daya dan dukungan Presiden Jokowi,” demikian isi laporan The Guardian.

Namun The Guardian juga melaporkan bahwa Kantor Kepresidenan membantah bahwa Jokowi ikut campur dalam pemilu dan tidak secara eksplisit mendukung Prabowo.

Sementara itu, The Economist membuat editorial yang menyoroti keterlibatan Presiden Jokowi dalam Pemilu 2024. Menurut media yang berbasis di Inggris ini, Jokowi meninggalkan kursi kepresidenan dengan cara yang kurang baik ketimbang saat ia menjabat.

Dalam editorial, The Economist mengungkapkan janji Jokowi ketika pertama kali mencalonkan diri sebagai presiden pada 2014. “Jokowi meraih kekuasaan dengan janji menentang para elit yang mengatur negara demokrasi terbesar ketiga di dunia sejak jatuhnya era diktator Soeharto pada 1998,” kata The Economist.

“Namun, alih-alih mengalahkan demokrasi, pialang kekuasaan, Jokowi justru ikut bergabung dengan mereka,” The Economist  menambahkan.

The Economist menyebut Presiden Jokowi mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 yakni Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Media itu menarasikan Prabowo sebagai mantan jenderal dan menantu Soeharto, yang memiliki catatan tentang hak asasi manusia yang negatif, serta ambivalensi terhadap demokrasi.

Baca Juga:   Luhut Berikan Sinyal Kenaikan Harga Pertalite dan Elpiji – Farmasi

The Economist juga menyebut Gibran Rakabuming merupakan putra sulung Jokowi yang bisa mencalonkan diri sebagai cawapres berkat saudara ipar Presiden yakni Anwar Usman.

Anwar Usman menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi ketika mencabut aturan tentang batasan usia untuk mencalonkan diri sebagai capres dan cawapres yakni minimal 40 tahun.



Baca Selengkapnya >
Source link

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close