Home » Hasil Survei Capres Terbaru di Jawa Timur, Siapa Kuasai Lumbung Suara?

Hasil Survei Capres Terbaru di Jawa Timur, Siapa Kuasai Lumbung Suara?

Oleh Indienesia


Peta elektabilitas capres kurang dari sepekan jelang pemilihan presiden atau pilpres masih dinamis. Merujuk hasil survei terbaru sejumlah lembaga perebutan suara terlihat ketat di sejumlah kantong suara termasuk di Jawa Timur. 

Pada pilpres 2024 elektabilitas capres di Jawa Timur dinilai menjadi salah satu penentu dari peta suara secara nasional. Hal itu lantaran Jawa Timur menjadi lumbung suara terbesar dengan total jumlah pemilih yang terdapat di Daftar Pemilih Tetap atau DPT mencapai 35,7 juta. 

Survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai angka 60,1%.  Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan tren pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur konsisten mengalami  kenaikan sejak Juni 2023. 

“Kenaikan signifikan terjadi dari rentang September 2023 ke Januari 2024 (19,5 &), dalam rentang tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka,” ujar Arya seperti dikutip Rabu (7/2). 

Sementara itu, pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud Md berada di posisi kedua dengan memperoleh 17,2 % suara. Sedangkan pasangan capres – cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 14,9 %.

Survei tersebut mencatat tren elektabilitas Anies – Muhaimin cenderung stabil. Sedangkan elektabilitas pasangan Ganjar – Mahfud mengalami penurunan. 

Kekuatan elektabilitas Prabowo-Gibran tersebar pada pemilih di wilayah Arek, Mataraman, Tapal Kuda, dan Pantura. Adapun pemilih di wilayah Madura kompetitif antara Anies – Muhaimin dan Prabowo – Gibran.

Hasil Survei Capres Terbaru, Prabowo Kuasai Pemilih NU

Harlah Muslimat NU ke-78 (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.)

Dalam survei terbaru, Poltracking juga menemukan sebagian pemilih di Jawa Timur yang merasa dekat dengan organisasi organisasi Nahdlatul Ulama (NU) condong memilih pasangan Prabowo – Gibran. Arya mengatakan berdasarkan pada basis pemilih NU, pasangan  Prabowo – Gibran meraih 60,9 %. 

Baca Juga:   MWA UNS Batal Somasi Nadiem, Tidak Ada Pelantikan Rektor pada 11 April



Baca Selengkapnya >
Source link

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close