Home » Deklarasikan 14 Etika Bermedia Sosial, Begini Harapan BPIP – Farmasi

Deklarasikan 14 Etika Bermedia Sosial, Begini Harapan BPIP – Farmasi

Oleh Indienesia


Marhaenist – Berdasarkan perbincangan Tribunnews dengan sumber internal di Alumni GMNI, ada empat nama yang diisukan bakal menjadi calon Ketua Umum PA GMNI.

“Ada dua kandidat yang dianggap layak kalau dari DPR RI dari politisi PDIP Bambang Pacul dan Arif Wibowo,” kata sumber tersebut kepada Tribunnews, Selasa (8/6/2021).
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), bersama sejumlah organisasi agama dan kemasyarakatan menggelar Dialog Kebangsaan di Yogyakarta.

Di akhir dialog, para peserta mendeklarasikan 14 sikap etika dalam bermedia sosial, para pegiat media sosial juga ikut menggagas pedoman ini.

Para tokoh agama yang hadir dalam dialog ini sepakat, etika dalam bermedia sosial penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, karena sejumlah konflik dalam masyarakat berawal dari media sosial.

Keempat belas sikap etika diharapkan bisa menjadi pedoman dalam memanfaatkan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.
Sementara, dua nama lainnya berasal dari kalangan intelektual, yakni Prof Arief Hidayat yang juga merupakan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dan Guru Besar ITB Prof Nanang Tyas Puspito.

“Kalau dari luar ada dua sosok, sosok intelektual guru besar ITB Prof Nanang Tyas dan hakim MK Arief Hidayat. Jadi dua profesor ini layak lah, itu menunjukkan alumni GMNI bukan abal-abal,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kongres IV PA GMNI di Bandung mengambil tema “Nasionalisme Menjawab Tantangan Zaman”.

Adapun kongres akan dilaksanakan dengan sistem hybrid dan akan diikuti oleh 34 pengurus DPD dan ratusan pengurus PDC PA GMNI serta unsur pimpinan nasional PA GMNI yang akan hadir secara offline dan online.

Salah satu poin etika, misalnya berisi ajakan menggunakan media sosial untuk menghentikan ujaran kebencian yang mengandung isu suku, agama, ras, dan antargolongan atau sara di ruang publik.

Baca Juga:   Indonesia Kecam Kekerasan Israel di Yerusalem

Melalui deklarasi ini, BPIP berharap agar masyarakat makin beretika dan memiliki literasi digital lebih bertoleransi dan memberi ruang bagi perbedaan pendapat.

Masyarakat juga diharapkan untuk mampu membangun narasi persatuan dan kebangsaan berdasarkan prinsip-prinsip pancasila.





Source link

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close