Home » Atasi Konflik Myanmar, Indonesia – Malaysia Godok Mekanisme Troika

Atasi Konflik Myanmar, Indonesia – Malaysia Godok Mekanisme Troika

Oleh Indienesia


Indonesia dan Malaysia menyiapkan upaya lanjutan untuk menuntaskan konflik Myanmar. Konflik hingga kini terjadi sejak adanya kudeta militer terhadap pemerintahan sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari 2021 lalu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri Malaysia Mohamad bin Hasan telah melangsungkan pertemuan bilateral untuk mempercepat pemenuhan komitmen atas Konsensus Lima Poin atau 5PC. Komitmen tersebut merupakan hasil kesepakatan para pimpinan ASEAN untuk menyerukan penghentian kekerasan di Myanmar.

Kesepakatan itu juga mengatur adanya dialog dengan semua pemangku kepentingan. Mereka juga menunjuk utusan khusus untuk memfasilitasi mediasi dan dialog di wilayah konflik bersenjata.

Konsensus 5PC juga mengizinkan ASEAN untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Myanmar. Selain itu juga mengizinkan utusan khusus ASEAN untuk mengunjungi dan bertemu dengan pemangku kepentingan di Myanmar.

Retno mengatakan, kerja sama Indonesia-Malaysia dalam menekan dampak konflik Myanmar cenderung penting karena akan menjadi salah satu pokok bahasan di agenda Keketuaan ASEAN dalam dua edisi ke depan. Adapun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun ini akan digelar di Laos dan Malaysia pada 2025.

“Rujukan utama ASEAN dalam mencoba membantu Myanmar keluar dari krisis ini karena beberapa waktu lalu sempat ada pertanyaan mengenai 5PC,” kata Retno di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (6/2).



Baca Selengkapnya >
Source link

Baca Juga:   Cium Bendera Ukraina, Paus Fransiskus Kecam Pembantaian di Bucha

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close