Home » Usai Debat Capres, Ganjar Ladeni Anak Muda Debat di Program Demokr(e)asi

Usai Debat Capres, Ganjar Ladeni Anak Muda Debat di Program Demokr(e)asi

Oleh Indienesia


Telegraf – Debat ketiga Capres Cawapres 2024 di Istora Senayan Jakarta, Minggu (07/01/2024) malam berlangsung seru. Masing-masing calon presiden saling adu gagasan untuk menyampaikan visi misi masing-masing.

Namun debat terlihat panas antara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Keduanya terlibat saling serang. Namun keduanya tak ada yang menyerang Ganjar Pranowo.

Justru, berkali-kali Prabowo Subianto memuji program kerja dan ide gagasan yang dilontarkan Ganjar terkait pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Prabowo sepakat dan menilai ide gagasan Ganjar sangat masuk akal dan bagus.

Misalnya terkait bagaimana para capres mengatasi adanya tumpang tindih lembaga pertahanan negara. Dalam kesempatan itu, Ganjar menegaskan jika tumpang tindih kebijakan hanya bisa diselesaikan oleh presiden sebagai panglima tertinggi negara.

“Persoalan tumpang tindih kebijakan memang merepotkan. Ini harus diselesaikan. Presiden harus ambil alih, presiden harus memberikan contoh dalam mengatasi persoalan tumpang tindih kebijakan,” kata Ganjar.

Menanggapi hal itu, Prabowo Subianto mengaku sepakat dengan Ganjar. Ia mengatakan bahwa presiden harus turun tangan mengatasi problem tumpang tindih kebijakan.

“Saya kok banyak setuju dengan pak Ganjar ya. Iya, kalau benar dan masuk akal saya setuju,” kata Prabowo.

Tak hanya sekali, Prabowo berkali-kali memuji visi misi Ganjar. Misalnya terkait peran Indonesia dalam konflik laut selatan. Termasuk terkait beberapa jawaban Ganjar pada pertanyaan panelis.

“Saya kembali tidak mengerti, jangan-jangan buku kita dan guru kita sama pak Ganjar. Saya banyak sependapat dengan pak Ganjar,” ucap Prabowo.

Debat capres kali ini akan dipandu oleh dua moderator. Sebanyak 11 pakar dari bidang-bidang terkait tema debat dipilih sebagai panelis untuk menyusun pertanyaan.

Pada debat ketiga khusus capres ini bertema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Ganjar tampak tangkas dan tegas dalam menjawab setiap pertanyaan, baik pertanyaan dari panelis maupun dari capres lainnya.

Baca Juga:   Sering Kebanjiran, Warga Kalteng Sebut Food Estate Gagal Total

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU sendiri telah menggelar debat perdana pada 12 Desember 2023, dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua akan digelar pada 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan untuk cawapres. Sementara itu, debat ketiga pada 7 Januari 2024 akan membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, masyarakat adat dan desa. Terakhir, debat kelima khusus capres pada 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusivitas.





Source link

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close