Home » Peduli Lingkungan BCA Syariah Tanam Bibit Durian di Bogor

Peduli Lingkungan BCA Syariah Tanam Bibit Durian di Bogor

Oleh Indienesia



Telegraf – Dalam rangka kontribusi positif bagi lingkungan sekaligus memberdayakan perekonomian masyarakat setempat melalui penanaman tanaman
produktif PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) berkolaborasi dengan BenihBaik.com melakukan aksi kepedulian lingkungan hidup “Satu Pohon Selamatkan Bumi”. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penanaman 1.000 bibit durian bagi para petani di Desa Cibulao, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan seremoni ditandai dengan simbolis penanaman pohon yang dilakukan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank BCA Syariah Nadia Amalia, Kepala Dinas Kehutanan Wilayah 1 Jawa Barat Iding Supriatna, Kepala Desa Megamendung Duduh Manduh, Senior Manager Operasional BenihBaik.com Albertus Pasca Yudawan dan perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Megamendung serta kelompok tani Desa Cibulao. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dilakukan pula kegiatan edukasi keuangan syariah bagi peserta yang terdiri dari 36 peserta yang terdiri dari aparat desa dan petani sekitar.

Kerja sama BCA Syariah dan Benihbaik.com meliputi penanaman bibit pohon durian Musang King dan Bawor, monitoring, dan replantasi jika terdapat bibit yang gagal tumbuh. Bibit durian akan ditanam pada lahan seluas kurang lebih 9,5 hektar dengan bantuan dari 16 kelompok tani. Program Satu Pohon Selamatkan Bumi ini merupakan kegiatan sosial perusahaan BCA Syariah
Peduli.

“Kegiatan penanaman bibit durian ini merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekaligus memberdayakan perekonomian masyarakat setempat melalui penanaman tanaman produktif,” ungkap Sekretaris Perusahaan BCA Syariah Nadia Amalia.

Pohon durian dipilih oleh BCA Syariah karena manfaatnya terhadap kelestarian lingkungan dan dapat memberika manfaat ekonomi bagi masyarakat. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain pengurangan emisi karbon hingga 8.183 kg CO2 ekuivalen/1.000 pohon/tahun.

Akar durian bermanfaat dalam memperkuat struktur tanah dan mencegah erosi di daerah hulu Ciliwung, sementara serasah pohon durian dapat menyuburkan tanah. Selain itu, manfaat ekonomi juga didapat oleh masyarakat melalui pengelolan hasil panen yang akan dikembangkan melalui kelompok usaha atau badan usaha milik desa (BUMDES). Penanaman durian ini juga
diharapkan dapat meningkatkan potensi wisata berbasis agroforestri di kawasan puncak.

Baca Juga:   Didampingi Yenny Wahid, Ganjar Ziarah Makam Gus Dur dan Mbah Hasyim Asy'ari

Kepala Desa Megamendung Duduh Mandu menyampaikan harapannnya agar kegiatan Satu Pohon Selamat Bumi dapat memberikan dampak yang berkelanjutan bagi pengurangan emisi karbon dan kelestarian area tepian Hulu Sungai Ciliwung sehingga dapat mendongkrak pula pertumbuhan ekonomi warga Desa Cibulao.

Selain penanaman bibit pohon durian, kegiatan pelesetarian lingkungan lain juga telah dilakukan oleh BCA Syariah melalui aksi penanaman 1.000 bibit tanaman mangrove bersama masyarakat di wilayah pesisir Tambakrejo, Semarang (11/11/23) serta penanaman pohon dalam pot (potisasi) di sepanjang jalan Jatinegara Timur, Jakarta (20/03/2023) sekaligus mendukung program Penataan Titik Unggulan (PTU) Kelurahan Balimester.





Source link

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close