Home » IPB Dukung Ganjar Majukan Indonesia Lewat Sektor Agromaritim

IPB Dukung Ganjar Majukan Indonesia Lewat Sektor Agromaritim

Oleh Indienesia


Telegraf – Dirilisnya hasil survei dari lembaga riset Australia, Roy Morgan yang dilakukan pada periode Juli-September 2023 menempatkan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di peringkat teratas mengungguli Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, dimana belakangan hasil survei dari lembaga riset dan survei lokal justru menempatkan Prabowo Subianto di urutan paling atas, bahkan Anies Baswedan yang dari awal selalu berada diurutan buncit, secara signifikan mengejar posisi Ganjar Pranowo yang dari awal elektabiltasnya selalu berada di puncak survei.

Diketahui, Roy Morgan melakukan survei terhadap 2.630 pemilih Indonesia yang berusia di atas 17 tahun, dan hasilnya Ganjar Pranowo meraih total suara 38 persen, mengungguli Prabowo Subianto dengan perolehan 30 persen dan Anies sebesar 25 persen.

Survei ini pun kemudian mematahkan survei-survei yang dirilis oleh beberapa lembaga survei lokal di Indonesia, yang saat ini Roy Morgan kembali menempatkan Ganjar Pranowo di urutan posisi teratas, disusul oleh Prabowo di posisi kedua dan Anies Baswedan pada posisi paling akhir.

Sebelum diadakannya debat kedua yang akan dilakukan oleh calon wakil presiden (cawapres), pada Jumat, 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Gemini Club menanggapi rilis hasil survei dari Roy Morgan tersebut yang menampatkan pasangan Ganjar-Mahfud pada urutan teratasan dengan perolehan elektabilitas 38 persen.

Sekretaris Gemini Club yang juga alumni GMNI, Koeshondo W. Widjojo mengatakan bahwa hasil survei dari Roy Morgan itu lebih jujur menyajikan data yang faktual soal elektabilitas Ganjar Pranowo.

“Roy Morgan sebagai lembaga riset dari luar negeri, jelas lebih obyektif memotret keadaan yang sesungguhnya, mereka menyajikan data dengan jujur dan profesional serta kredibel tanpa distorsi dan indikasi kepentingan tertentu,” kata Koeshondo, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga:   Kampanye Sehat, Atikoh Ganjar Senam Bareng Warga Karawang

Dia mengatakan, bahwasanya lembaga-lembaga riset atau survei dari luar cenderung mempertahankan profesionalisme dan obyektifitas dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa di intervensi oleh pihak-pihak tertentu yang menginginkan adanya suatu permintaan atau pesanan terkait dengan hasil survei.

“Mereka orang-orang profesional yang mempunyai kredibilitas dan profesionalisme dalam bekerja, susah di intervensi oleh hal yang remeh temeh yang akan merugikan kredibilitasnya,” jelasnya.

Melihat kembali hasil survei dari Roy Morgan dan trend pasca debat capres pertama, dimana sentimen positif terbanyak diperoleh oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Koeshondo sangat yakin, pasca debat berikutnya akan mengerek hasil elektabilitas Ganjar-Mahfud ke puncak tertinggi elektabilitas.

“Pastinya kami semua para pendukung Ganjar-Mahfud yakin dan optimis, bahwa memang semua yang positif dan terbaik ada di pasangan Ganjar-Mahfud, mereka lebih realistis dan mengerti tentang permasalahan apa yang dihadapi oleh bangsa ini, dan punya solusi serta problem solving yang konkrit dan riil yang mereka tawarkan dan relate dengan kepentingan publik dan rakyat,” pungkasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU sendiri telah menggelar debat perdana pada 12 Desember 2023, dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca Juga:   Pengiriman Logistik Pemilu Untuk DPT Hampir Capai 100 Persen

Debat kedua akan digelar pada 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan untuk cawapres. Sementara itu, debat ketiga pada 7 Januari 2024 akan membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, masyarakat adat dan desa. Terakhir, debat kelima khusus capres pada 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusivitas.

 





Source link

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close