Home » Akhiri Sesi Debat, Gibran Bahas Lagi Soal Hilirisasi

Akhiri Sesi Debat, Gibran Bahas Lagi Soal Hilirisasi

Oleh Indienesia



Telegraf – Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka dalam penghujung debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu, menegaskan bahwa pihaknya tidak akan pernah bosan membahas hilirisasi yang menjadi program prioritas pasangan Prabowo-Gibran.

“Saya tidak akan pernah bosan-bosan membahas hilirisasi. Dengan hilirisasi, Indonesia akan keluar dari middle-income trap,” kata Gibran saat menyampaikan pernyataan penutupnya dalam segmen keenam debat keempat Pilpres 2024.

Dengan hilirisasi, lanjut dia, Indonesia akan meningkatkan nilai tambah dalam negeri, akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Tentunya dalam pelaksanaan dipikirkan aspek lingkungan, keberlanjutan, dan dampak perubahan iklim makin nyata, banjir, kekeringan, kenaikan air laut. Ini ancaman nyata dan sudah di depan mata,” katanya.

Bagi Gibran, persoalan krisis iklim merupakan tantangan kekinian yang membutuhkan solusi zaman now.

“Semua masalah ini adalah tantangan zaman now yang membutuhkan solusi zaman now. Tantangannya adalah bagaimana mencari titik tengah, titik keseimbangan, lanjutkan hilirisasi, tetapi wajib menjaga lingkungan, kemudian tingkatkan produktivitas pertanian, sektor maritim, tetapi wajib menjaga keseimbangan alam,” kata Gibran.

Dalam kesempatan terakhir itu, dia menyanjung pasangannya, Prabowo Subianto, yang diyakini paling banyak melibatkan anak muda dalam prosesnya maju di Pilpres 2024. Gibran juga tidak lupa berterima kasih kepada dua rivalnya di panggung debat, Cawapres RI Muhaimin Iskandar dan Cawapres RI Mahfud MD.

“Terima kasih Prof. Mahfud dan Gus Muhaimin, semoga debat malam ini memberikan gambaran tentang ke mana arah bangsa ini akan melangkah. Sekali lagi, tantangan zaman now membutuhkan solusi zaman now, tentunya anak-anak zaman now perlu lebih banyak lagi dilibatkan. Terima kasih Pak Prabowo sebagai salah satu senior dan teladan yang paling banyak melibatkan anak-anak zaman now,” ucap Gibran.

Baca Juga:   Pemimpin Harus Mau Rasakan Penderitaan Rakyat

Ia juga sempat mengajak masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilih mereka saat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

“Langkah awal menuju Indonesia Emas, datang ke TPS, coblos nomor 2 Prabowo-Gibran,” kata Gibran.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU sendiri telah menggelar debat perdana pada 12 Desember 2023, dengan tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat kedua akan digelar pada 22 Desember 2023 dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan untuk cawapres. Sementara itu, debat ketiga pada 7 Januari 2024 akan membahas tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat pada 21 Januari 2024 akan membahas energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, masyarakat adat dan desa. Terakhir, debat kelima khusus capres pada 4 Februari 2024 dengan tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusivitas.





Source link

Lainnya Dari Indienesia

Indienesia 2024

Copyright © 2024 Indienesia.

KBI Media. All Rights Reserved.

close